create your own banner at mybannermaker.com! create your own banner at mybannermaker.com!
IP

B.jepang(menyatakan kalimat kesanggupan)

1. Menyatakan Kesanggupan
1-1 Cara untuk menyatakan
kesanggupan adalah sbb:
1) K. Benda + ga
dekimasu (Pel. 18)
(1) Watashiwa unten ga
dekimasu = Saya bisa menyetir
mobil
2) Bentuk Kamus + koto ga
dekimasu(Pel. 18)
(2) Watashi wa oyogu koto ga
dekimasu = Saya bisa berenang
3) K. Kerja kesanggupan
(3) Watashi wa oyogemasu =
Saya bisa berenang
(2) dan (3) menyatakan hal
yang sama, tetapi bentuk (2)
boleh dikata lebih sopan.
1-2 Cara membuat K. Kerja
Kesanggupan
K. Kerja Kesanggupan
Bentuk Sopan
Bentuk Biasa
I
Kakimasu
Hanashimasu
Machimasu
Kakemasu
Hanasemasu
Matemasu
Hakeru
Hanaseru
Materu
II
Tabemasu
Okimasu
Taberaremasu
Okiraremasu
Taberareru
Okirareru
III
Kimasu
Shimasu
Koraremasu
*dekimasu
Korareru
*dekiru
1-3 Kalimat yang memakai K.
Kerja Kesanggupan
K. Kerja Kesanggupan
bukannya menunjukkan
perbuatan, melainkan
keadaan.
Apabila obyek dari K. Kerja
transitif ditunjukkan dengan
K.Bantu o, jadi dalam kalimat
K. Kerja Kesanggupan
obyeknya biasanya
ditunjukkan dengan ga.
(4) Watashiwa Nihon-go o
hanashimasu --> Watashiwa
Nihon-go ga hanasemasu.
Perhatikan bahwa K. Bantu
yang lain dari o tidak berubah:
(5) Hitori de byouin e ikemasu
ka = Bisakah anda pergi ke
rumah sakit sendirian?
(6) Tanaka-san ni
aemasendeshita = Saya tidak
bisa bertemu dengan Sdr.
Tanaka.
1-4 Arti K. Kerja Kesanggupan
Sama halnya dengan "Bentuk
Kamus + koto ga dekimasu",
maka K. Kerja Kesanggupan
mempunyai 2 makna, yaitu:
- kesanggupan seseorang
melakukan sesuatu
(7) Ari-san wa kanji ga
dekimasu = Sdr. Ari bisa
membaca Kanji.
- kemungkinan perbuatan
pada suatu keadaan
(8) Ano ginkou de doru ga
kaeraremasu = Di bank itu kita
bisa menukar dolar.
2. Wa yang menyatakan
Perbandingan
2-1 Penggunaan wa yang
menunjukkan makna
perbandingan
(9) Kyou wa ikimasen ga, ashita
wa ikimasu = Hari ini saya
tidak pergi, tapi besok pergi.
(10) Tanaka-san wa ikimasu ga,
watashi wa ikimasen = Sdr.
Tanaka akan pergi, tapi saya
tidak.
2-2
(11) Osake o nomimasu. Tabako
o suimasen = Saya minum sake.
Saya tidak merokok.
(11') Osake wa nomimasu ga,
tabako wa suimasen = Saya
minum sake tapi tidak
merokok.
(12) Hiragana ga kakemasu.
Katakana ga kakemasen = Saya
bisa menulis Hiragana. Saya
tidak bisa menulis Katakana.
(12') Hiragana wa kakemasu ga,
katakana wa kakemasen = Saya
bisa menulis Hiragana tapi
tidak bisa menulis Katakana.
Kalimat (11) dan (12) bila
diubah menjadi kalimat
perbandingan akan menjadi
seperti (11') dan (12').
Kata bantu wa tidak dapat
dipakai bersama dengan o dan
ga; wa dipakai setelah kata
bantu yang bukan o dan ga.
(13) Shinjuku e wa ikimasu ga,
Ginza e wa ikimasen = Saya
pergi ke Shinjuku tapi tidak ke
Ginza.
(14) Ginkou de wa okane ga
kaeraremasu ga, uketsuke de
wa kaeraremasen = Di bank
kita bisa menukar uang tapi di
respsionis tidak bisa.
(15) Terebi wa robii ni wa
arimasu ga, heya ni wa
arimasen = Televisi ada di lobi
tapi tidak ada di kamar.
3. mada ・・・masen
Artinya: belum~
(17) A: Hiragana ga kakemasu
ka = Apakah bisa menulis
Hiragana?
B: Iie, mada kakemasen =
Belum, belum bisa menulis
Kalimat ini menunjukkan
bentuk negatif fari K. Kerja
Kesanggupan yang tidak
mengandung makna keinginan.
4. ~shika・・・masen
Artinya: hanya/cuma~
4-1 shika disusul dengan
bentuk negatif, menunjukkan
bahwa selain dari hal itu tidak
ada yang lain. shika tidak
dapat dipakai bersama dengan
kata bantu ga dan o.
(18) Romaji shika kakemasen =
Hanya bisa menulis abjad
Romawi.
4-2 Selain shika, dake dapat
pula dipakai menunjukkan
keterbatasan. Tetapi dake bisa
dipakai dalam bentuk positif
maupun negatif.
(19) Romaji shika kakemasen
(20) Romaji dake kakemasu
(21) Romaji dake kakemasen
Pada (19) dan (20) berarti
hanya bisa menulis abjad
Romawi.
(21) mengandung arti hanya
abjad Romawi yang tidak bisa
ditulis.
Untuk menekankan jumlah
yang sedikit, shika lebih tepat
dipakai daripada dake:
(22) 20 me-toru shika
oyogemasen = Hanya bisa
berenang 20 meter.
(23) Kuni de 3shuukan shika
Nihon-go o
benkyoushimasendeshita
= Belajar bahasa Jepang hanya
3 minggu di tanah air.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

klik online